Wisata Alam Air Terjun Aik Kelep Lingsar Lombok

Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) mempunyai banyak destinasi wisata alam yang begitu memukau, seperti pantai, pegunungan, dan air terjun. Salah satu destinasi wisata yang menarik perhatian adalah Air Terjun Aik Kelep yang berada di Dusun Kebun Baru, Desa Giri Madia, Kecamatan Lingsar, Lombok Barat. 

Air Terjun Aik Kelep ini merupakan surga tersembunyi yang terletak di kaki Gunung Rinjani, dan mempunyai jarak sekitar 25 kilometer dari Kota Mataram. Air Terjun Aik Kelep menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan terutama pada akhir pekan dan hari libur.

Air Terjun Aik Kelep memiliki keunikan yang membuat banyak orang tertarik untuk berkunjung ke sana. Air terjun setinggi 30 meter yang jatuh dari bebatuan tersebut, dipercaya oleh masyarakat setempat dapat menyembuhkan penyakit. Sehingga, dahulu orang sering menginap di sana karena mereka percaya bahwa mandi di sana bisa mengobati penyakit. 

Sayangnya, pemerintah setempat belum mengelola destinasi wisata ini dengan baik. Minimnya rambu-rambu penunjuk arah dan toilet yang tidak terurus, serta minimnya tempat berjualan makanan dan minuman, sering membuat pengunjung tersesat atau kesulitan di lokasi tersebut.

Akses menuju Air Terjun Aik Kelep cukup mudah dengan melewati rute dari Kota Mataram - Selagalas - Desa Duman - Desa Giri Madia. Meskipun belum dikelola dengan baik, wisatawan tetap bisa mengunjungi destinasi ini dengan memarkirkan kendaraan di rumah warga yang berada di dekat lokasi air terjun, kemudian berjalan kaki sejauh 5 kilometer atau sekitar 30 menit dari Dusun Kebun Baru. Selama perjalanan, wisatawan akan disuguhi pemandangan yang indah berupa pohon durian dan warga yang mengambil air nira untuk dibuat gula aren.

Wisatawan mancanegara asal Belanda, Dennis Bergshoeff dan Mendy Van Gent yang sempat berkunjung ke Air Terjun Aik Kelep merasa kagum dengan keindahan Air Terjun Aik Kelep yang melewati hutan dan jalannya yang berkelok-kelok menuju lokasi.

Dalam kunjungannya ke Air Terjun Aik Kelep, Dennis dan Mendy juga menyempatkan diri untuk mandi di air terjun tersebut. Mereka merasa sangat menyegarkan dan menyenangkan setelah menempuh perjalanan yang cukup jauh untuk mencapai lokasi air terjun.

Meski belum dikelola maksimal, destinasi wisata Air Terjun Aik Kelep di Lombok Barat memiliki potensi besar untuk menjadi daya tarik wisata yang lebih besar lagi di masa depan. Dengan peningkatan aksesibilitas dan pengelolaan yang lebih baik, diharapkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Air Terjun Aik Kelep akan semakin meningkat.

Selain itu, pemerintah setempat juga dapat mempertimbangkan untuk melakukan pengembangan infrastruktur dan fasilitas di sekitar lokasi air terjun, seperti pembangunan tempat parkir yang lebih memadai, penambahan rambu-rambu penunjuk arah, dan perbaikan kondisi toilet.

Dengan begitu, wisatawan yang berkunjung ke Air Terjun Aik Kelep dapat merasa lebih nyaman dan aman saat berlibur di lokasi tersebut. Hal ini tentu akan membantu meningkatkan pendapatan daerah serta memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar yang dapat menawarkan berbagai produk dan jasa kepada wisatawan yang berkunjung.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama