Pohon Purba "Raksasa" Lian di Lombok


Lombok, adalah pulau indah yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), dikenal sebagai salah satu surga wisata di Indonesia. Terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, pulau ini menawarkan berbagai objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, seperti sirkuit Mandalika yang kini menjadi ikon Lombok dan pantainya yang memukau. Selain itu, objek wisata lain yang patut untuk dikunjungi adalah Pohon Purba Lian.

Pohon Purba Lian terletak di Dusun Permatan, Desa Gunung Malang, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur. Dari Bandara Internasional Lombok, lokasi ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 3 jam dengan jarak sekitar 75 kilometer. Selama perjalanan, kita akan disuguhi pemandangan indah hamparan sawah dan bukit-bukit hijau yang mempesona.

Sesampainya di lokasi, kita akan dibuat takjub dengan deretan pohon-pohon besar yang tinggi menjulang. Pohon ini disebut sebagai pohon raksasa karena tingginya mencapai 40-50 meter dengan lingkar batang bawah yang sangat besar, sebesar pelukan 3 hingga 4 orang dewasa. Akar pohonnya juga terlihat menonjol dan instagramable dengan mencapai 170 centimeter.

Pohon Lian termasuk pohon purba yang langka dan ditaksir umurnya mencapai ratusan tahun. Konon, di seluruh dunia, pohon ini hanya ditemukan di tiga lokasi yaitu di Lombok, Australia, Afrika, dan Amerika. Keunikan dari Pohon Purba Lian ini juga terlihat dari kemiripannya dengan pohon di Taman Allerton, National Tropical Botanical Garden, Hawai, yang menjadi lokasi syuting film Jurassic Park.

Wisata Pohon Purba Lian ini telah dibuka untuk masyarakat selama tiga tahun. Obyek wisata ini berada dalam lahan seluas 15 hektar milik Lapas Selong yang digunakan sebagai sarana asimilasi dan edukasi narapidana. Selain Pohon Purba Lian, lahan ini juga diperuntukkan untuk perkebunan jagung, peternakan sapi, dan agrowisata Pantai Pengayoman.

Tidak hanya turis lokal, namun juga wisatawan mancanegara sering mengunjungi wisata Pohon Lian. Saat akhir pekan, terutama pada hari Sabtu dan Minggu, jumlah pengunjung semakin meningkat. Selain menikmati keindahan Pohon Purba Lian, pengunjung juga dapat menyeberang jalan untuk menikmati keindahan Pantai Pengayoman yang terletak di seberang lokasi wisata.

Pantai Pengayoman merupakan pantai yang indah dengan air laut yang jernih dan pasir putih yang lembut. Pantai ini tidak terlalu ramai, sehingga pengunjung bisa menikmati ketenangan dan ketentraman alam. Selain berenang dan berjemur di pantai, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan alam yang indah di sekitar pantai, seperti perbukitan hijau dan hamparan sawah yang menyejukkan mata.

Bagi pecinta alam dan keunikan, objek wisata Pohon Purba Lian menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat liburan ke Lombok. Selain menikmati keindahan alam dan objek wisata lainnya di Lombok, Anda juga dapat menambah wawasan tentang keanekaragaman hayati dan warisan budaya Indonesia.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama