Jalan Baru Pusuk KLU longsor!


Kab. Lombok Utara - Selasa (7/3), Jalan Pusuk yang menghubungkan Mataram dengan Lombok Utara dilaporkan mengalami longsor sekitar belasan meter di dekat tikungan Gunung Malang. Pengguna jalan diminta lebih berhati-hati karena gerusan longsoran nyaris memakan aspal jalan.

Hingga saat ini, belum diketahui penyebab pasti terjadinya longsor yang menyebabkan ambruknya talud di sisi selatan jalan. Namun, dugaan sementara adalah akibat dari cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini.

Menariknya, jalan Pusuk baru saja direnovasi pada tahun 2021 dalam paket proyek IV Rembiga-Pemenang. Perbaikan jalan yang masuk status jalan provinsi ini dikerjakan oleh PT Putra Seruyan dengan nilai kontrak sekitar Rp 34 miliar. Pada saat itu, ada lima segmen penanganan termasuk perbaikan leter S Pusuk Permai, pelapisan ulang aspal, pelebaran badan jalan sekitar 2 km mulai dari Pusuk Pass hingga arah Pemenang, dan perbaikan tikungan tajam setelah pelebaran badan jalan Pusuk.

Belum diketahui apakah renovasi jalan yang dilakukan pada tahun lalu telah memperhitungkan risiko longsor atau tidak. 

Diharapkan, pihak terkait segera melakukan evaluasi dan tindakan cepat untuk memperbaiki jalan Pusuk agar bisa segera dilewati kembali oleh pengguna jalan.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama